Thursday, February 26, 2009

Google DoubleClick sebarkan virus dalam iklan


File Winratit.exe termasuk file yang digunakan untuk menjebak netter.

Google DoubleClick umumnya banyak tampil sebagai iklan pada sebuah website. Nyatanya, media iklan dari Google DoubleClick digunakan sebagai penyebar kode jahat dengan virus yang bisa menginfeksi computer.
Beberapa user mendapatkan tampilan banner berisi code berbahaya ketika masuk ke situs perusahaan Ziff Davis.

Google langsung mengantisipasi penyebaran code berbahaya tersebut, dan membersihkan daftar iklan yang berbahaya dari jaringan Google DoubleClick. Juru bicara Google tidak memberi informasi lebih lanjut, sejak kapan iklan berbahaya tersebut tampil dan berapa banyak website terkena dampaknya.



Iklan berbahaya di Google DoubleClick mengunakan 2 cara. Dengan mencoba menginfeksi user ketika mengclick iklan serta menawarkan antivirus. Bila user membuka langsung, maka situs yang dikunjungi akan melepas beberapa code berbahaya dan menyerang computer termasuk file Winratit.exe kedalam folder temporary. File tersebut nantinya akan diload ketika computer restart. Seperti cerita lalu, malware yang menginfeksi akan mengatakan bahwa computer telah terinfeksi dan perlu membersihkan dengan antivirus. Mau bersih harus bayar, setelah bayar barulah ketahuan bahwa antivirus yang dibeli adalah palsu.



Sumber:DETIK

No comments: