Friday, July 24, 2009

Mengatur Setting Firefox Dari About:Config

Salah satu hal terbaik dari fiefox adalah fleksibilitas dan ekstensibilitas.Untuk mengakses bagian internal Firefox,buka halaman about:config.

Jika Anda hanyalah user firefox biasa,maka anda mungkin tidak familiar dengan halaman about:config. Halaman about:config Firefox tidaklah tampak seperti halaman biasa karena ia berisi konfigurasi tersembunyi. Ia tersembunyi karena cukup powerful dan tidak sederhana seperti jendela Preferences biasa. Pada halaman about:config, Anda harus tahu betul apa yang dilakukan atau Anda bisa membuat segalanya kacau.

Pada waktu kali pertama membuka halaman about:config, Anda harus menerima suatu persetujuan (yang sebenarnya hanyalah suatu peringatan) sebelum melanjutkan. Anda akan melihat daftar item konfigurasi Firefox. Konfigurasi yang telah di ubah oleh user dicetak tebal dengan status user set. Banyak dari opsi tersebut dikonfigurasi ketika proses instalasi, tapi bisa Anda mengubahnya sesuai keinginan.

Ketika membuka halaman konfigurasi Anda akan melihat boks Filter yang bisa digunakan untuk mencari item tertentu. Ini membuat pencarian item jadi lebih mudah dibanding halaman menggulung-gulung daftar yang panjang tersebut. Untuk menggunakan Filter, ketik seluruh atau sebagian nama item pada boks dan kemudian enter.

Item Apa Yang Ditampilkan about:config?

Ketika membuka halaman about:config, Anda akan melihat kolom Preference Name, Status, Type, dan Value. Preference Name menampilkan nama item, Status menampilkan status item (Firefox akan mengubahnya ke user set jika nilainya telah diubah oleh user), Type menampilkan tipe data item, dan Value menampilkan nilai Item, Ketika mengedit item, Anda hanya mengedit bagian nilai dari masing-masing opsi. Hampir semua item bisa dimodifikasi. Item bisa berupa nilai boolean, Integer, atau String. Anda juga bisa menambahkan item ke about:config.

Cara paling mudah untuk mengenal konfigurasi yang digunakan oleh browser adalah mengubah item eksiting. Setting yang terdapat pada menu Tools, Options juga bisa dikonfigurasi dari about:config. Sebagai contoh, mari kita ubah halaman Start dari about:config supaya mengarah ke http://www.din23evox.blogspot.com.

Pertama, buka about:config, dan kemudian ketik startup pada boks Filter dan kemudian tekan Enter, Firefox akan menampilkan semua item yang pada namanya terdapat kata “startup”. Item untuk homepage adalah browser.startup.homepage. Untuk mengubahnya ke situs http://www.din23evox.blogspot.com, klik ganda item dan pada kotak dialog yang muncul, ketik http://www.din23evox.blogspot.com, dan kemudian klik OK.

Beberapa perubahan seperti homepage segera berlaku, tapi beberapa perubahan lain mungkin mengharuskan Anda untuk merestart Firefox, Firefox tidak akan memberitahu apakah Anda perlu melakukan restart atau tidak supaya perubahan tersebut berlaku. Sekarang setelah mengetahui Firefox. Jangan lupa bahwa ada banyak sekali setting di sini dan perlu diwaspadai bahwa beberapa setting bisa membuat perilaku Firefox menjadi tak terduga.

Mempercepat Firefox

Ketik pipelining pada boks Filter. Untuk network.http.pipelining ubah nilainya ke true, dan untuk network.http.pipelining.maxrequest naikkan nilainya menjadi 8. Sekarang klik maxconnection pada boks Filter. Untuk network.http.max-connection naikkan nilainya menjadi 96, dan untuk network.http.pipelining.-per-server naikkan nilainya menjadi 32.

Ada Cara lain untuk mempercepat firefox berikut caranya ada di bawah:


1. Untuk mempercepat browsing :

  1. Ctrl+Enter, ini untuk membuka domain yang menggunakan .com. caranya adalah ketikkan nama domain kemudian klik ctrl+enter. contohnya, anda ingin membuka “www.yahoo.com” jadi ketiklah “yahoo” kemudian klik ctrl+enter
  2. Shift+Enter, ini untuk membuka domain yang menggunakan .net. caranya adalah ketikkan nama domain kemudian klik ctrl+enter. contohnya, anda ingin membuka “www.telkom.net” jadi ketiklah “telkom” kemudian klik shif+enter
  3. Ctrl+Shift+Enter, ini untuk membuka domain yang menggunakan .org. caranya adalah ketikkan nama domain kemudian klik ctrl+enter. contohnya, anda ingin membuka “www.dikti.org” jadi ketiklah “dikti” kemudian klik Ctrl+Shift+Enter

2. Tweeking Firefox :


  1. Ketik “about:config” di firefox anda kemudian enter

  1. Maka akan keluar sebuah settingan untuk tweaking firefox
  2. Untuk merubahnya, klik 2 kali dan masukkan data perubahannya
  3. Jika data dibawah tidak terdapat dalam settingan default firefox, klik kanan pilih New. Untuk data berupa angka, pilih Integer, untuk true/false pilih Boolean.

- Untuk pengguna DSL :

  1. Set “network.http.pipelining : true”
  2. Set “network.http.proxy.pipelining : true”
  3. Set “network.http.pipelining.maxrequests : 64″
  4. Set “nglayout.initialpaint.delay : 0″

- Untuk pengguna ADSL :

  1. Set “network.http.max-connections : 64″
  2. Set “network.http.max-connections-per-server : 21″
  3. Set “network.http.max-persistent-connections-per-server : 8″
  4. Set “network.http.pipelining : true”
  5. Set “network.http.pipelining.maxrequests : 100″
  6. Set “network.http.proxy.pipelining : true”
  7. Set “nglayout.initialpaint.delay : 0″

- Untuk pengguna Dial Up

  1. Set “browser.cache.disk_cache_ssl : true”
  2. Set “browser.xul.error_pages.enabled : true”
  3. Set “network.http.max-connections : 32″
  4. Set “network.http.max-connections-per-server : 8″
  5. Set “network.http.max-persistent-connections-per-proxy : 8″
  6. Set “network.http.max-persistent-connections-per-server : 4″
  7. Set “network.http.pipelining : true”
  8. Set “network.http.pipelining.maxrequests : 8″
  9. Set “network.http.proxy.pipelining : true”
  10. Set “plugin.expose_full_path : true”
  11. Set “signed.applets.codebase_principal_support : true”
  12. Set “content.interrupt.parsing : true”
  13. Set “content.max.tokenizing.time : 3000000″
  14. Set “content.maxtextrun : 8191″
  15. Set “content.notify.backoffcount : 5″
  16. Set “content.notify.interval : 750000″
  17. Set “content.notify.ontimer : true”
  18. Set “content.switch.threshold : 750000″
Warning : Saya tidak menyarankan untuk melakukan tweaking firefox anda. Tweaking ini sendiri dikeluarkan oleh pengembang firefox jadi bukan sembarang tweaking, namun resiko ditanggung sendiri karena setelah tweaking tidak ada opsi untuk mengembalikan settingan default firefox anda.

Semoga Bermanfaat.


Sumber:PCMEDIA, Mozilla.


No comments: